ANALISIS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK TK ANANDA KECAMATAN TENAYAN RAYA PEKANBARU
Categorie(s):
Skripsi, Thesis, Disertasi
Author(s):
RIZKY AMALIA
Tahun:
2022
NIM Mahasiswa:
18306021031
Nama Mahasiswa:
RIZKY AMALIA
Nama Penulis:
RIZKY AMALIA
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Perkembangan Sosial Emosional Dan Gadget
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan gadget
terhadap perkembangan sosial emosional anak di TK Ananda Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini kualitatif digunakan untuk menjelaskan data dari hasil penelitian dan menggambarkan apa adanya. Perencanaan disusun dan dirancang secara sistematis kemudian dianalisis secara kualitatif setelah melakukan wawancara dan observasi dilapangan kemudian hasil observasi dan wawancara dianalisis selanjutnya disajikan dalam bentuk laporan penelitian. Hasil penelitian yang telah dilakukan Perkembangan
sosial emosional anak belum optimal dimana pada indikator kesadaran diri. Belum optimalnya perkembangan sosial emosional anak di TK Ananda Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru karena beberapa faktor salah satunya karena penggunaan gadget yang diberikan oleh orang tua anak sehingga menghambat perkembangan sosial emosional anak, ada kurang bersosialisasi dengan lingkungannya anak kurang atau tidak dapat mengekspresikan diri karena sibuk dengan aktifitasnya. Orang tua dalam membatasi penggunaan dan durasi pengunaan gadget sudah dilakukan dengan cukup baik, dampak
penggunaan gadget dalam jangka pendek ataupun dalam jangka panjang anak menjadi misinteraksi sosial dengan orang lain ataupun kurang peduli dengan lingkungan sekitarnya dan memberikan gadget bagi anak yang sedang menangis bukan menjadi solusi agar anak diam karena dampak negatif penggunaan gadget lebih banyak bagi anak baik dari segi kecanduan, sikap sosial anak dengan lingkungan dan teman serta efek negatif bagi kesehatan anak itu sendiri
terhadap perkembangan sosial emosional anak di TK Ananda Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini kualitatif digunakan untuk menjelaskan data dari hasil penelitian dan menggambarkan apa adanya. Perencanaan disusun dan dirancang secara sistematis kemudian dianalisis secara kualitatif setelah melakukan wawancara dan observasi dilapangan kemudian hasil observasi dan wawancara dianalisis selanjutnya disajikan dalam bentuk laporan penelitian. Hasil penelitian yang telah dilakukan Perkembangan
sosial emosional anak belum optimal dimana pada indikator kesadaran diri. Belum optimalnya perkembangan sosial emosional anak di TK Ananda Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru karena beberapa faktor salah satunya karena penggunaan gadget yang diberikan oleh orang tua anak sehingga menghambat perkembangan sosial emosional anak, ada kurang bersosialisasi dengan lingkungannya anak kurang atau tidak dapat mengekspresikan diri karena sibuk dengan aktifitasnya. Orang tua dalam membatasi penggunaan dan durasi pengunaan gadget sudah dilakukan dengan cukup baik, dampak
penggunaan gadget dalam jangka pendek ataupun dalam jangka panjang anak menjadi misinteraksi sosial dengan orang lain ataupun kurang peduli dengan lingkungan sekitarnya dan memberikan gadget bagi anak yang sedang menangis bukan menjadi solusi agar anak diam karena dampak negatif penggunaan gadget lebih banyak bagi anak baik dari segi kecanduan, sikap sosial anak dengan lingkungan dan teman serta efek negatif bagi kesehatan anak itu sendiri