UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BLENDED LEARNING DI KELAS B RA ALMIRA KIDS CENTER PEKANBARU
Categorie(s):
Skripsi, Thesis, Disertasi
Author(s):
TISAH KARTINI
Tahun:
2022
NIM Mahasiswa:
20306022006
Nama Mahasiswa:
TISAH KARTINI
Nama Penulis:
TISAH KARTINI
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Blended Learning, Kecerdasan Interpersonal
Abstract :
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kecerdasan
interpersonal anak usia dini melalui metode blended learning di Kelas B RA
Almira Kids Center Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan jumlah Subjek penelitian sebanyak 10 orang anak. Teknik pengumpulan data pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kecerdasan interpersonal pada anak di Kelas B RA Almira Kids Center Pekanbaru dari siklus I ke siklus II. pada siklus I memperoleh skor rata-rata 22,4 (56%) dengan kiteria mulai berkembang. Terjadi peningkatan peningkatan kecerdasan interpersonal pada anak di Kelas B RA Almira Kids Center Pekanbaru pada siklus II dengan skor rata-rata 31,1 (77,7%) dengan kiteria berkembang sangat baik (BSB).. Dari data hasil penelitian di atas dapat dikatakan bahwa peningkatan Kecerdasan Interpersonal pada setiap anak mengalami peningkatan dari sebelum dilakukannya tindakan penelitian dibandingkan dengan setelah dilakukannya tindakan penelitian melalui penerapan
blended learning di Kelas B RA Almira Kids Center Pekanbaru.
interpersonal anak usia dini melalui metode blended learning di Kelas B RA
Almira Kids Center Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan jumlah Subjek penelitian sebanyak 10 orang anak. Teknik pengumpulan data pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kecerdasan interpersonal pada anak di Kelas B RA Almira Kids Center Pekanbaru dari siklus I ke siklus II. pada siklus I memperoleh skor rata-rata 22,4 (56%) dengan kiteria mulai berkembang. Terjadi peningkatan peningkatan kecerdasan interpersonal pada anak di Kelas B RA Almira Kids Center Pekanbaru pada siklus II dengan skor rata-rata 31,1 (77,7%) dengan kiteria berkembang sangat baik (BSB).. Dari data hasil penelitian di atas dapat dikatakan bahwa peningkatan Kecerdasan Interpersonal pada setiap anak mengalami peningkatan dari sebelum dilakukannya tindakan penelitian dibandingkan dengan setelah dilakukannya tindakan penelitian melalui penerapan
blended learning di Kelas B RA Almira Kids Center Pekanbaru.