MENANAMKAN NILAI KARAKTER KEJUJURAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KASIH IBU KECAMATAN TENAYAN RAYA KOTA PEKANBARU
Categorie(s):
Skripsi, Thesis, Disertasi
Author(s):
YULIANTIKA
Tahun:
2022
NIM Mahasiswa:
15306021017
Nama Mahasiswa:
YULIANTIKA
Nama Penulis:
YULIANTIKA
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Menanamkan Sikap Jujur, permainan tradisional Congklak
Abstract :
Latar Belakang penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data penilaian nilai karakter kejujuran melalui permainan tradisional congklak pada anak usia 5-6 tahun di TK Kasih Ibu Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek yang diambil adalah anak usia 5-6 tahun dikelas B2 yang terdiri dari 12 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan untuk memperoleh data melalui Siklus I yang terdiri dari 2 peremuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan adalah menggunakan metode rumus persentase = f/n
x 100% Hasil penelitian menanamkan nilai karakter kejujuran melalui permainan tradisional congklak meningkat, hal ini terlihat dari data awal
sehingga siklus II pertemuan 2. Data awal (32%), siklus I (54%) dan siklus
II (95%). Sehingga peningkatan menanamkan nilai karakter kejujuran melalui permainan tradisional congklak diperoleh persentase rata-rata 60%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa guru harus menanamkan nilai karakter kejujuran dimulai dari usia dini.
x 100% Hasil penelitian menanamkan nilai karakter kejujuran melalui permainan tradisional congklak meningkat, hal ini terlihat dari data awal
sehingga siklus II pertemuan 2. Data awal (32%), siklus I (54%) dan siklus
II (95%). Sehingga peningkatan menanamkan nilai karakter kejujuran melalui permainan tradisional congklak diperoleh persentase rata-rata 60%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa guru harus menanamkan nilai karakter kejujuran dimulai dari usia dini.