ANALISIS MINAT BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI TK AR RAHMAN KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR
Categorie(s):
Skripsi, Thesis, Disertasi
Author(s):
ZULHAFNI
Tahun:
2022
NIM Mahasiswa:
15306021031
Nama Mahasiswa:
ZULHAFNI
Nama Penulis:
ZULHAFNI
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Minat Belajar, Pendekatan Saintifik
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis minat belajar anak
dengan mendeskripsikan dan implementasi pendekatan saintifik dalam meningkatkan minat belajar anak di TK AR Rahman Kabupaten Kampar.
Penelitian ini dilakukan dengan metodologi penelitian kualitatif dengan
pengumpulan data dari hasil wawancara mengenai pendekatan saintifik kepada guru kelas di TK Ar-Rahman Kecamatan Kampar Kiei Kabupaten Kampar. Hasil penelitian menunjukakan bahwa minat belajr anak cukup baik dalam melaksanakan kegiatan melalui pendekatan saintifik, hal tersebut berdasarkan respon anak terhadap kegiatan baik dan anak senang melakukan kegiatan dan turut aktif dalam kegiatan mengamati, menanya, mengasosiasikan, mengumpulkan informasi dan mengkomunikasikan kegiatan.
Kelebihan pendekatan saintifik yaitu menyajikan media pembelajran secara
langsung oleh panca indera anak sehingga dapat di lihatr, dicium, dirasa, didengar dan diraba. Selain itu kegiatan ini melibatkan anak untuk bereksplorasi dan menyelesaikan masalah berdasarkan pengalam belajar lansung.
dengan mendeskripsikan dan implementasi pendekatan saintifik dalam meningkatkan minat belajar anak di TK AR Rahman Kabupaten Kampar.
Penelitian ini dilakukan dengan metodologi penelitian kualitatif dengan
pengumpulan data dari hasil wawancara mengenai pendekatan saintifik kepada guru kelas di TK Ar-Rahman Kecamatan Kampar Kiei Kabupaten Kampar. Hasil penelitian menunjukakan bahwa minat belajr anak cukup baik dalam melaksanakan kegiatan melalui pendekatan saintifik, hal tersebut berdasarkan respon anak terhadap kegiatan baik dan anak senang melakukan kegiatan dan turut aktif dalam kegiatan mengamati, menanya, mengasosiasikan, mengumpulkan informasi dan mengkomunikasikan kegiatan.
Kelebihan pendekatan saintifik yaitu menyajikan media pembelajran secara
langsung oleh panca indera anak sehingga dapat di lihatr, dicium, dirasa, didengar dan diraba. Selain itu kegiatan ini melibatkan anak untuk bereksplorasi dan menyelesaikan masalah berdasarkan pengalam belajar lansung.