Pemikiran K.H Ahmad Dahlan dan K.H Hasyim Asy'ari dalam Bidang Pendidikan

Categorie(s):
   Jurnal
Author(s):
   Rahmah
Tahun:
   2021
Nama Penulis:
 Rahmah
Item Type:
 Jurnal Dosen
Additional Info:
 Di publikasi pada jurnal: Al-Aulia: Jurnal Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 7 No 1 (2021) https://ejournal.stai-tbh.ac.id/al-aulia/article/download/429/266/1930
ISSN/ISBN:
2442-920
eISSN/eISBN:
2721-8449
Keyword(s):
Pemikiran, KH. Ahmad Dahlan, K.H Hasyim, Pendidikan
Abstract :
Hasil pemikiran luar biasa K.H Ahmad Dahlan telah mempengaruhi sejarah dunia pendidikan di Indonesia, khususnya bidang Pendidikan Islam. Pendidikan Islam memiliki peran besar dalam menentukan nasib bangsa. Keadaan ini membuatnya berpikir dan merenung sambil mencari solusi. Cita-citanya adalah melalui pendidikan agama Islam, ia akan mampu melahirkan manusia baru, yang mampu tampil sebagai cendekiawan intelektual yaitu seorang muslim yang memiliki tekad dan ilmu serta kuat lahir dan batin. Dalam mewujudkan cita-citanya, K.H Ahmad Dahlan (pendiri Muhammadiyah) telah menggabungkan dua sistem filsafat pendidikan. Untuk mensukseskan sistem tersebut, ia melakukan dua tindakan sekaligus yaitu memberikan pengajaran agama di sekolah Belanda yang sekuler dan mendirikan sekolah dimana pengajaran agama dan pelajaran umum samasama diajarkan. K.H Hasyim asy'ari adalah sosok ulama yang berkontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia. Pemikirannya ditekankan pada konsep pendidikan yang membahas tentang etika dalam mencari ilmu. Menuntut ilmu adalah karya agama sehingga semua orang yang mencarinya harus memperhatikan etika. Dalam mencari ilmu dan aktivitas keagamaan, keduanya harus dibarengi dengan perilaku al-akhlaqul karimah yang santun.
    Link File