MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK 5-6 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KANTONG BILANGAN DI TK PERMATA SELATPANJANG KECAMATAN TEBING TINGGI

Categorie(s):
   Skripsi Thesis Disertasi
Author(s):
   AL PISAH
Tahun:
   2023
NIM Mahasiswa:
 19306021032
Nama Mahasiswa:
 AL PISAH
Nama Penulis:
 AL PISAH
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Perkembangan kognitif, kemampuan mengenal lambang bilangan, media kantong bilangan, kelompok TK B2
Abstract :
Perkembangan Kognitif merupakan aktivitas yang berhubungan dengan tanggapan, pikiran dan pengelolaan informasi dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan juga untuk pemecahan masalah. Salah satu yang meningkatkan perkembangan kognitif melalui kemampuan mengenal lambang bilangan menggunakan media kantong bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan menggunakan media kantong bilangan pada kelompok B2 TK Permata Selatpanjang. Subjek dalam penelitian berjumlah 25 orang anak yang meggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan Perencanaa, Pelaksanaan, pengamatan dan Refleksi.penelitian dilaksanakan pada bulan mei 2023 sebanya 5 kali pertemuan tatap muka. Objek penelitian adalah kemampuan mengenal lambang bilangan menggunakan media kantong bilangan dengan metode pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data penelitian menunjukkan presentase rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan pada pra tindakan sebesar 36,60% meningkat 17,40% pada siklus I menjadi sebesar 59,80% dan meningkat kembali 25,60% menjadi sebesar 81,60% pada siklus II. Peningkatan presentasi rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan dari pra siklus ke siklus II mencapai 43.00%. Hasil analisis data menunjukkan perkembangan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan dapat meningkat menggunakan media kantong bilangan dengan presentase sebesar 81,60% yang berada pada kriteria BSB (Berkembang sangat baik) artinya dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun menggunakan media kantong bilangan baik dari kegiatan dan penerapan kemampuan mengenal lambang bilangan dengan 5 indikator pernyataan, sudah berkembang sangat baik dimana anak mampu dan bisa melakukan kegiatan secara mandiri serta mampu membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai dengan indikator yang diharapkan