Optimizing the Cooperation Between Teacher and Parents in the Implementation of Studying From Home for Early Childhood

Categorie(s):
   Jurnal
Author(s):
   Nini Aryani, Nopa Wilyanita
Tahun:
   2021
Item Type:
 Jurnal Dosen
ISSN/ISBN:
2087-9490
eISSN/eISBN:
2597-940X
Keyword(s):
Belajar dari rumah, Kerjasama dalam belajar, Anak usia dini
DOI:
10.35445/alishlah.v13i3.965
Abstract :
Di masa pandemi Covid-19, pembelajaran untuk anak usia dini dilakukan dari rumah. Dalam pembelajaran ini, guru mengirimkan bahan ajar untuk anak melalui aplikasi Grup WhatsApp yang terdiri dari orang tua. Untuk itu diperlukan dukungan dan kerjasama antara guru dan orang tua agar anak di rumah tetap mendapatkan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan perkembangannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terstruktur dengan guru dan orang tua siswa dari 5 TK Aisyiyah Bustanul Athfal di Kota Pekanbaru. Hasil penelitian menemukan bahwa pola kerjasama yang baik antara guru dan orang tua dapat dicapai dengan menunjukkan sikap positif dalam pola komunikasi antara guru dan orang tua dimana orang tua harus memiliki kemampuan untuk membimbing dan memotivasi anak selama pelaksanaan pembelajaran dari rumah dan terlibat langsung dalam belajar bersama anak dengan mendampingi anak saat belajar.
      Link File