Pola Komunikasi Guru dalam Pembentukan Karakter Islam Anak-Anak di Masa Pandemi

Categorie(s):
   Jurnal
Author(s):
   Herwina, Rahmah
Tahun:
   2022
Item Type:
 Jurnal Dosen
Additional Info:
 Di publis pada jurnal: Jambura Early Childhood Education Journal, (2023) https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/download/1931/483
ISSN/ISBN:
2654-752X
eISSN/eISBN:
2716-2974
Keyword(s):
Pola Komunikasi, Pembentukan Karakter, Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37411/jecej.v4i2.1464
Abstract :
Tujuan penelitian ini ingin mengetahui Pola komunikasi yang diterapkan oleh guru TK ABA 7 kota pekanbaru. Pola komunikasi banyak arah, guru berusaha mengarahkan anak-anak secara rasional, beroreantasi dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi, menghargai komunikasi saling memberi dan menerima. Menjelaskan rasional yang mendasari tiap-tiap permintaan atau displin. Guru menggunakan pola komunikasi yang efektif mengharapkan anak dapat mematuhi orang tua, saling menghargai. Guru juga memperkuat standar-standar perilaku. Komunikasi selama pandemi tidak hanya melibatkan guru, namun melibatkan orang tua dan anak. Diskusi dan simulasi strategi dapat mengembangkan komunikasi. Dengan pola komunikasi tersebut guru dapat mengarahkan anak untuk memiliki karakter yang baik dan membentuk karakter yang Islami anak sejak dini. Adapun Kendala yang dihadapi guru adalah kurang dukungan dari orang tua, kurang mengertinya orang tua tentang konsep belajar dirumah. Selain itu sarana dan prasarana juga merupakan kendala dalam proses komunikasi guru dalam pentukan karakter Islami anak dimasa pandemi
    Link File