PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 30 PEKANBARU

Categorie(s):
   Skripsi, Thesis, Disertasi
Author(s):
   LENI MARLIZA
Tahun:
   2022
NIM Mahasiswa:
 18306011008
Nama Mahasiswa:
 LENI MARLIZA
Nama Penulis:
 LENI MARLIZA
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Model Pembelajaran Berbasis proyek (Project Besed lerning),Berfikir Kritis.
Abstract :
Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model pembelajara proyek (project besed Lerning) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran ips kelas VIII di SMP N 30 Pekanbaru. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan bentuk nonequivalent pretest-post test control group design. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan SPSS versi24 dengan statistik non parametik, menggunakan (uji normalitas, uji wilcoxon,Uji NGain, uji Mann Whitney dan Uji Effec Size). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Berbasis Proyek (project besed lerning) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional (ceramah). Berdasarkan hasil dari uji Mann-Whitney diperoleh bahwa Zhitung sebesar -2,208 dengan nilai Sig. 0,027. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga berdasarkan kriteria pengambilan keputusan Ha diterima. Hal ini menunjukkan rata-rata peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas Eksperimen lebih besar dari pada kelas Kontrol pada materi Pendistribusian Kembali (Redistribusi) Pendapatan Nasional. Sehingga hasilnya adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Projeck Besed Lerning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada mata pelajaran IPS Kelas VIII di SMP N 30 Pekanbaru. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang ada dalam pembelajaran Projeck Besed Lerning, dilakukanlah uji dengan effect size.Berdasarkan perhitungan diperoleh dengan menggunakan effect size adalah sebesar 0,5464 . Apabila dilihat berdasarkan tabel interpretasi effect size yang dihasilkan (0,50 0,54 < 0,80) Apabila dilihat berdasarkan tabel interpretasi effect size yang dihasilkan nilai effect size yang menunjukan treatment dilakukan peneliti memberikan pengaruh terhadap Kemampuan berfikir kritis merupakan kategori sedang. Artinya penggunaan metode Projeck Besed Lerning dapat meningkatkan Kemampuan berfikir kritis siwa yang lebih baik dibandingkan metode konvensional (ceramah)