EFEKTIVITAS MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELUARGA TERINTEGRASI PEMBELAJARAN PAUD DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTHANUL ATHFAL II PEKANBARU

Categorie(s):
   Skripsi, Thesis, Disertasi
Author(s):
   NISA ROSATI JANNAH
Tahun:
   2022
NIM Mahasiswa:
 18306021029
Nama Mahasiswa:
 NISA ROSATI JANNAH
Nama Penulis:
 NISA ROSATI JANNAH
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Pendidikan karakter anak, sikap toleransi, berbasis keluarga
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Model Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Terintegrasi Pembelajaran PAUD dalam Menanamkan Sikap Toleransi pada Anak Usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah Busthanul Athfal II Pekanbaru menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan angket/kusioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pendidikan karakter berbasis keluarga terintegrasi pembelajaram paud efektif dalam menanamkan sikap toleransi pada anak 5-6 tahun di TK Aisyiyah Busthanul Athfal II Pekanbaru. Hal ini dapat diketahui melalui hasil pretest sikap toleransi anak sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan model pendidikan karakter berbasis keluarga terintegrasi pembelajaran paud. Peningkatan kemampuan sikap toleransi tersebut dapat diketahui dari Perhitungan deskriptif pada saat pre test untuk kelompok eksperimen sebesar 98,9 dan posttest sebesar 106,625 dengan simpangan baku pretest sebesar 7,83 dan posttest sebesar 7,36. Sedangkan untuk kelompok kontrol memiliki rata-rata pretest sebesar 100,3 dan posttest sebesar 97,3 dengan simpangan baku pretest sebesar 13,02 dan posttest 10,36 .