Media Interaktif Augmented Reality untuk Peningkatan Kemampuan Financial Literacy Anak Usia Dini

Categorie(s):
   Jurnal
Author(s):
   Khairi Murdy, Nopa Wilyanita
Tahun:
   2023
Nama Penulis:
 Khairi Murdy, Nopa Wilyanita
Item Type:
 Jurnal Dosen
Additional Info:
 Dipublikasi pada jurnal: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/3795/pdf Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 7 Issue 1 (2023) Pages 211-224)
ISSN/ISBN:
2356-1327
eISSN/eISBN:
2549-895
Keyword(s):
Augmented reality, Financial literacy, Media Pembelajaran
DOI:
10.31004/obsesi.v7i1.3795
Abstract :
Financial Literacy merupakan literasi yang penting untuk diperkenalkan dan ditanamkan kepada anak sejak dini. Penelitian ini dilakukan untuk melihat dan meningkatkan kemampuan Financial Literacy anak usia dini dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR). Untuk mengembangkan media pembelajaran ini penelitian ini menggunakan penelitian Research & Development (R&D) dari Sivasailam Thiagarajan yang disebut 4-D yaitu Define, Design, Develop dan Dissemination. Subjek penelitian siswa TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Pekanbaru. Hasil penelitian adalah tersusunnya media pembelajaran berbasis AR. Media AR ini dapat digunakan dengan mudah dan tidak membutuhkan biaya yang besar bagi guru untuk membuatnya. Adanya penggunaan QR juga memudahkan guru dan siswa dalam memanfaatkan media AR dalam pengenalan Financial Literacy. Penggunaan media juga berpengaruh terhadap peningkatan Financial Literacy anak usia dini, hal ini terlihat dari hasil eksperimen One Group Pretest-Posttest dari hasil uji Uji Wilcoxon yang menunjukkan nilai Asymp. Sig 0.000 < 0.05 artinya terdapat peningkatan kemampuan literasi finansial siswa dengan menggunakan media AR.
    Link File