Kontribusi Pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK) terhadap Pengembangan Nilai-nilai Kearifan Lokal (Gurindam 12)

Categorie(s):
   Jurnal
Author(s):
   Radhiatul Fithri, Nopa Wilyanita, Khairi Murdy
Tahun:
   2022
Nama Penulis:
 Radhiatul Fithri, Nopa Wilyanita, Khairi Murdy
Item Type:
 Jurnal Dosen
Additional Info:
 Dipublikasi pada jurnal: https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/viewFile/16921/7978 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 8, No. 1, Juni 2022
ISSN/ISBN:
2442-5605
eISSN/eISBN:
2442-5605
Keyword(s):
Nilai kearifan lokal, Gurindam 12, Al-Islam, Kemuhammadiyahan
DOI:
10.24014/potensia.v8i1.16921
Abstract :
Akhirakhir ini kearifan lokal termasuk Gurindam Dua Belas terabaikan adanya. Sebagai masyarakat melayu, sekolah-sekolah Muhammadiyah di Kota Pekanbaru melalui pendidikan AIK memiliki tanggungjawab untuk mengembangkan dan melestarikan Gurindam Dua Belas ini yang merupakan ciri khas budaya melayu Riau. Penelitian ini akan mengungkap Kontribusi Pembelajaran AIK terhadap Pengembangan Nilai-nilai Kearifan Lokal (Gurindam 12) di Sekolah Menengah Muhammadiyah se-Kota Pekanbaru. Metode penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun dalam pengumpulan data dilakukan wawancara mendalam, observasi dan wawancara. Sedangkan informan penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kurikululum, guru-guru Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dan siswa. Data yang diperoleh kemudian data di analisis dengan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran AIK sangat berkontribusi positif dalam mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal (gurindam 12) pada siswa di sekolah menengah Atas Muhammadiyah se-kota Pekanbaru dan sudah berjalan efektif dengan berbagai program dan realisasinya.
    Link File